Satu Nasihat Penting Untuk Tidak Pernah Gagal


Saat iseng browsing di Internet, ada satu pertanyaan di sebuah forum yang bener-bener menarik perhatian saya : “Bagaimana tips/trik nya agar tidak pernah gagal?”

Wah, saya juga mau tau dong, kalo memang ada tips/trik nya. Siapa sih yang ngga mau “tidak pernah gagal”? Begitu saya klik, ternyata belum ada jawaban dan respon dari pertanyaan itu. Pertanda apa ini? Orang ngga tau jawabannya, atau takut gagal kalo mencoba menjawab pertanyaan itu?

Kalo berbicara tentang kegagalan, satu hal yang selalu terbayang di pikiran saya adalah anak saya yang berumur 12 bulan. Waktu Anda berusia 10-12 bulan, apa Anda ingat pernah belajar merangkak kemudian belajar berjalan? Yang hebat dari bayi 12 bulan itu adalah usahanya untuk bisa berjalan. Betapa pun seringnya dia jatuh, tetap aja berusaha berdiri. Dan setiap dia jatuh, dia selalu belajar dan menemukan satu atau dua cara untuk bisa berdiri dan tidak jatuh.

Kembali ke pertanyaan “Bagaimana tips/trik nya agar tidak pernah gagal?”, akhirnya saya menemukan satu nasihat penting untuk tidak pernah gagal :

“Satu nasihat penting untuk tidak pernah gagal, adalah jangan pernah mencoba sesuatu.”

Mungkin saat ini Anda akan berhenti sejenak, dan berkata : “Nasihat yang aneh.”

Aneh memang, tapi masuk akal, kan? Misal Anda ingin melempar anak panah ke sasaran. Kalo Anda mencoba melempar, dan ngga kena sasaran, Anda bisa dikatakan gagal membidik sasaran. Sebaliknya kalo Anda tidak pernah mencoba melempar anak panah, Anda tidak pernah gagal dalam membidik sasaran, kan?

Saya ngga punya jawaban yang lebih baik lagi untuk menjawab pertanyaan : “Bagaimana tips/trik nya agar tidak pernah gagal?”, tapi saya jadi ingat satu quote yang bagus tentang kegagalan :

“Kegagalan adalah Ibu dari sukses. Kegagalan itu bukan saat Anda jatuh, tapi kegagalan itu saat Anda tidak mau berdiri setelah jatuh.” -Pepatah Cina Kuno-

Bagaimana menurut Anda?

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian.

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

5 tanggapan untuk “Satu Nasihat Penting Untuk Tidak Pernah Gagal”

  1. setuju 100% …

    Memang tak bisa dipungkiri, ilusi kegagalan seringkali menghantui langkah kita. Pengalaman hidup, berita TV, koran dan sebagainya tanpa sadar memenuhi bawah sadar kita, membentuk sebuah sikap mental “takut gagal”. Jadi wajar saja kita memiliki rasa itu. Yang terpenting adalah sejauh mana kita berani dan tahan untuk melawannya …

    Wallahu’alam

    1. Keberanian dan ketahanan itu yang susah dimiliki, Pak Deddi.
      Ada tips/triknya yang bisa dishare? Bagaimana bisa memiliki keberanian dan ketahanan untuk melawan kegagalan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s