Sebaiknya Anda Juara Renang Kalo Membakar Kapal Anda Sendiri.


Bertahun-tahun tinggal di negeri orang, jadi kangen dengan apapun yang berbau Indonesia.

Suatu hari, ada bank besar Indonesia yang membuka cabang di Kuala Lumpur. Istri saya semangat membuka rekening disana, karena rasanya urusan transfer dari dan ke Indonesia bisa lebih mudah, dibanding menggunakan bank lokal Malaysia.
Setelah mengisi form, beberapa minggu kemudian ada telfon dari bank tersebut, supaya istri saya mengambil buku tabungan dan kartu ATM.

Kami menemui staff yang ternyata orang Indonesia. Dia menyapa, kemudian meminta kami menunggu sebentar. Setelah istri saya menandatangani satu dokumen, saya bertanya tentang fasilitas bankingnya. Setiap kali saya bertanya, si staff tersebut melihat menggunakan sudut matanya, kemudian kembali mengutak-utik keyboard, dan selalu berkata “Nanti saya tanyakan ke manager,” tanpa ada perhatian untuk menunjukkan bahwa dia benar-benar mendengar dan akan menanyakan ke manager. Mungkin dia akan berkata : “Silakan masukkan pertanyaan Anda ke kotak sampah disana,” kalo itu diperbolehkan.

Satu-satunya cacat dalam hidup ini, adalah sikap yang buruk. -Scott Hamilton-

Apa akibatnya? Saya menyarankan istri saya untuk menggunakan layanan bank lain saja. Dan kemudian ada orang yang bertanya tentang layanan bank tersebut, saya jawab jujur : “Menyebalkan.”
Kabar buruk menyebar lebih cepat dari kabar baik. Bank tersebut bisa kehilangan banyak customer potensial, karena buruknya sikap staff tersebut.

Moral Insan Super : kalo Anda melakukan hal yang mirip dengan staff tersebut, ibarat ‘membakar kapal’ Anda sendiri. Dan sebaiknya Anda juara renang jika Anda membakar kapal Anda sendiri.

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

Tinggalkan Balasan

