Mantra Untuk Menjadi Kreatif


Hampir semua orang setuju bahwa menjadi kreatif adalah salah satu kunci penting buat berhasil dimanapun : sekolah, bisnis, kantor. Dimanapun.
Tapi berapa banyak orang yang percaya bahwa dirinya ngga kreatif, dan ngga dilahirkan untuk menjadi kreatif? Apa anda sendiri percaya bahwa anda kreatif?

Di kantor tempat saya bekerja, saya terpilih masuk dalam ‘5 orang Tim Inovasi’. Tugas kami adalah menghasilkan ide-ide baru, inovasi-inovasi baru. Orang menganggap kami dilahirkan untuk menjadi kreatif. Suatu anggapan yang kurang tepat.
Berita baiknya adalah bahwa kreativitas itu bukan bawaan gen. Kreativitas itu bisa dilatih, asal anda melakukan latihan dan teknik yang tepat.

Gimana langkah awalnya untuk jadi kreatif? Saya punya satu mantra yang jika anda lakukan, maka anda dijalan yang benar menuju kreativitas. Mantra itu adalah :

Saya Kreatif!

Cuma dua kata? Iya, dua kata aja : “Saya Kreatif!”

Coba, katakan mantra itu sekarang, dengan suara yang keras! Kalo tempat anda terlalu ramai, coba cari tempat yang sepi (mungkin kamar mandi), dan katakan mantra itu lagi : “Saya Kreatif!”

Sekarang, coba tambah variasi ini :

Saya Kreatif!
Apa?
Saya Kreatif!
Yang bener?
Saya Kreatif!
Anda yakin?
Saya Kreatif!

Kedengerannya lucu, dan mungkin bodoh, tapi jika itu bisa membuat anda yakin bahwa anda kreatif, rasanya selucu atau sebodoh apapun hal tersebut, patut dicoba. Dan saya bisa mengatakan dengan yakin, bahwa menjadi kreatif bisa membawa anda jauh dari tempat anda berada sekarang, baik di sekolah, bisnis, atau kantor.

Setelah anda yakin bahwa anda kreatif, langkah selanjutnya adalah melakukan latihan dan teknik yang tepat. Nanti saya bahas ya di post lainnya.

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

8 tanggapan untuk “Mantra Untuk Menjadi Kreatif”

    1. Betul pendapat Mas Aldie, saya tambahin sedikit mas : Niat plus tindakan/prilaku.
      Kabarnya dari salah satu penelitian di satu perusahaan yang terkenal kreatif : bahwa orang-orang yang kreatif, percaya bahwa mereka kreatif dan mereka berprilaku sebagai orang kreatif. Sedangkan orang-orang yang ngga kreatif, percaya bahwa mereka ngga kreatif dan berprilaku sebagai orang ngga kreatif.
      Salam Insan Super!

  1. wah mas, gambarnya kreatif sekali…
    seperti sedang melemparkan lampu ke kepala orang 🙂

    mari kita menjadi insan yg kereatif dan superlatif…
    salam instan super…mie

    1. Terima kasih cimut. Ini contoh comment yang kreatif.
      Tetap kreatif, dan Salam Insan Super!!! 🙂

  2. saya kreaaaaaaatiiiiiiiiiiifffffffff
    kalo triak gini boleh gak…
    hehehe….
    mauliate pak boris untuk mantranya…..
    horas-medan

Tinggalkan Balasan

