625 Ide Baru Dalam 10 Menit


“Mandek. Ngga ada ide.”

“Buntu. Ide dateng dong!”

Status temen di facebook menarik perhatian saya. Sambil menunggu kereta yang telat 15 menit, saya sambil berpikir : “Apa iya ide susah dicari?”

Jadi inget satu quote :

“Satu-satunya cara untuk menghasilkan ide bagus, adalah dengan menghasilkan banyak ide.”

Kuantitas dulu, kemudian diantara tumpukan ‘batu-batu’ ide tersebut, anda bisa jadi akan menemukan ‘berlian’ ide.

Nah sekarang pertanyaannya, bagaimana menghasilkan ide yang banyak? Anda hanya perlu mengetahui teknik yang tepat.

Salah satu teknik yang bisa anda gunakan, diberi nama ‘Kotak Ide’.

Misal anda mencari ide baru untuk bisnis tempat sampah. Pikirkan beberapa parameter penting dari tempat sampah,  misalnya : Bentuk, Bahan, Letak, Gambar.

Kemudian, buat tabel dari parameter – parameter tersebut, dengan beberapa unsur dari masing-masing parameter :

Bentuk Bahan Letak Gambar
Silinder Plastik keras Bawah Meja Alam
Kubus Karton Di Dinding Alice in Wonderland
Bulat Kain Beroda Twilight
Segitiga Rajutan benang Atas meja Artis
Kotak Kantung Plastik Samping kulkas Disney Cartoon

Setelah itu, ambil variasi dari ‘Kotak Ide’ tersebut, dengan melingkari dan menghubungkan unsur-unsur yang dipilih. Misalnya :

Bentuk Bahan Letak Gambar
Silinder Plastik keras Bawah Meja Alam
Kubus Karton Di Dinding Alice in Wonderland
Bulat Kain Beroda Twilight
Segitiga Rajutan benang Atas meja Artis
Kotak Kantung Plastik Samping kulkas Disney Cartoon

Dari ‘Kotak Ide’ tersebut saya dapat : “Bulat-Kain-Di dinding-Alice In Wonderland”

Idenya : Tempat sampah bahan kain, yang diletakkan di dinding untuk menghemat tempat, dan ditargetkan untuk anak-anak, dengan gambar salah satu tokoh di film Alice in Wonderland, yang mengajak anak belajar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Ide tersebut buruk? Bisa jadi. Tapi, jika Anda menggunakan ‘Kotak Ide’ diatas, anda akan menghasilkan paling ngga 625 ide. Dan siapa yang tau, dari 625 ide tersebut ada ide ‘emas’ yang menunggu untuk ditemukan oleh Anda.

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!

Borrys Hasian.

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

8 tanggapan untuk “625 Ide Baru Dalam 10 Menit”

  1. MengInspirasikan….
    “Satu-satunya cara untuk menghasilkan ide bagus, adalah dengan menghasilkan banyak ide.”

    Sundul lagi ah gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s