10 Alasan Untuk Melakukan Sesuatu


Kalo saya minta anda menuliskan 10 alasan kenapa anda makan, kira-kira apa yang bakal anda tulis?

Ini alasan yang terpikir di otak saya :

  1. Lapar
  2. Bau makanannya sedap
  3. Untuk energi
  4. Udah kebiasaan dari kecil
  5. Memang udah jadual nya seperti itu, saya harus makan 3 kali dalam sehari
  6. Saya harus kuat untuk mengejar cita-cita
  7. Saya bisa terkena maag kalo ngga makan
  8. Makan itu kebutuhan pokok
  9. Makan itu waktu yang tepat untuk istirahat dari aktivitas kerja
  10. Bisa membawa suasana santai, ngobrol dengan teman dan keluarga, setelah seharian tegang karena bekerja

Mencari alasan setelah nomor 5 agak sulit, bingung apa lagi alasan untuk makan, tapi setelah sampai nomor 9, rasanya saya makin banyak menemukan alasan kenapa saya makan.

Manusia melakukan sesuatu, baik sadar atau ngga sadar pasti didasari oleh satu atau beberapa alasan. Demikian juga kalo manusia ngga melakukan sesuatu, pasti didasari oleh satu atau beberapa alasan.

Menarik untuk melihat betapa banyaknya orang yang bertanya : “Bagaimana untuk memiliki motivasi melakukan sesuatu?”
Ada yang ngga termotivasi untuk berangkat kerja setiap paginya, ada yang selalu memiliki rencana tapi ngga termotivasi untuk melaksanakan rencana tersebut, bahkan ada yang sampai ngga termotivasi untuk hidup.

“Jika anda menemukan sesuatu yang anda suka, ngga penting apakah anda melakukan hal itu dengan baik atau ngga, anda hanya perlu melakukannya” -Stanley Tucci-

Bagaimana caranya untuk termotivasi? Salah satunya adalah dengan menuliskan 10 alasan kenapa anda melakukan sesuatu. Alasan yang baik biasanya berhubungan langsung dengan diri anda sendiri, memberi keuntungan pribadi. Gunakan kata tanya ‘Mengapa’ untuk membantu anda menuliskan alasan tersebut.

Misal anda memiliki pertanyaan : “Bagaimana untuk termotivasi berangkat kerja setiap pagi?”
Berikut contoh alasan yang terlintas di otak saya :

[Mengapa saya harus bekerja?]
1. Supaya bisa makan
2. Supaya anak-anak bisa sekolah dengan baik tanpa kuatir masalah biaya

[Mengapa anak-anak perlu sekolah?]
3. Supaya anak-anak bisa menjalani kehidupan yang layak nantinya
4. Supaya anak-anak bisa mendapat ilmu yang tinggi, berguna bagi diri sendiri dan orang sekitarnya

[Apalagi alasan kenapa saya harus bekerja?]
5. Untuk gengsi (kalo saya pengangguran, ngga terbayang apa kata tetangga)
6. Untuk membayar kontrakan rumah (kalo saya ngga punya rumah, di usia sekarang, masa tinggal terus dengan ortu?)
7. Menabung untuk nantinya memulai usaha saya sendiri
8. Untuk membeli mobil impian saya

[Mengapa ingin membeli mobil impian?]
9. Supaya bisa mengajak orang tua dan keluarga jalan-jalan ke tempat yang asik
10. Supaya ngga repot mencari kendaraan umum saat kerja lembur di kantor

[Mengapa dulu saya memilih pekerjaan ini?]
11. Perusahaannya adalah satu dari 10 perusahaan terbesar di bidangnya
12. Saya bisa belajar banyak karena ditempat itu ada beberapa senior yang udah terkenal di bidangnya
13. Lingkungan kerja yang sangat menyenangkan, terbuka, dan santai
14. ….

Daftar alasannya terus bertambah, dan saya bisa mencari bahkan sampai 100 alasan kenapa saya harus berangkat kerja setiap pagi.

Apa anda perlu mencari sampai 100 alasan untuk termotivasi melakukan sesuatu? Ngga.
10 alasan yang kuat udah cukup membuat anda termotivasi. Anda hanya perlu menuliskannya. Jika anda ngga bisa menemukan 10 alasan kuat untuk melakukan sesuatu, bisa jadi sesuatu itu memang ngga layak untuk anda lakukan, dan rasanya lebih baik anda mencari dan melakukan hal lain yang bisa memberi anda 10 alasan kuat untuk melakukannya.

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

4 tanggapan untuk “10 Alasan Untuk Melakukan Sesuatu”

  1. selama ini saya selalu mengambil 3 alasan untuk melakukan sesuatu dan tak pernah terpikir lebih yacitu dia hasilnyapun tidak maksimal kadang bikin senang kadang diluar dugaan(jangan ditiru) salam insan super bang borrys memang kreatif

  2. Halo Mas Edih!
    Wah, itu awal yang bagus, tinggal ditambah 7 lagi. Kalo hasil tidak maksimal, banyak faktornya. Bisa kurang motivasi, tapi bisa juga caranya kurang tepat. Coba selalu cari terbaik untuk melakukan sesuatu, hasilnya pasti bisa optimal.
    Salam Insan Super!!!

  3. Dear Borrys…heheheh…kalo semua itu sudah terpikir tapi tetep aja. Bangun jam berapa pun nyampe kantor pasti mefet, karena merasa rugi untuk datang lebih awal gimana duunks. Jeleknya, giliran mesti bener2 dtg pagi jatohnya siang juga…..
    thanks a lot ya 🙂

  4. @Ulil
    Berarti 10 alasan yang terpikir, bukan alasan terkuat, Ulil. Coba tanyakan ke diri sendiri, apa bener ini 10 alasan terkuat?
    Semoga bisa menemukan 10 alasan terkuat, dan bisa termotivasi untuk memberikan yang terbaik, untuk aktualisasi diri dan untuk keluarga juga.
    Salam Insan Super!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s