Cincin Pengusir Hantu Kegagalan


Malem tadi sambil mencorat-coret ide untuk membuat game, saya duduk di ruang TV.
Film nya ngga terlalu menarik, karena saya ngga suka film horror. Tapi sambil sesekali mata melihat ke TV, saya bisa menangkap cerita dasarnya : Seorang istri dihantui oleh roh suaminya yang kasar, dan akhirnya hantu tersebut bisa diusir setelah sang istri melemparkan cincin kawin yang dipakainya.

Ketika bangun pagi ini, saya teringat chatting dengan seorang teman, dia ingin memulai bisnis sendiri, tapi dia berkata satu hal yang manusiawi : “Saya takut gagal”.

Pernah ngga anda sadar, bahwa sikap kita berbeda saat kita merasa bahagia atau sedih, saat kita senang atau bete, saat kita percaya diri atau merasa rendah diri.
Tiba-tiba terlintas adegan film kemarin, saat sang istri melempar cincin yang akhirnya mengusir si hantu. Sama seperti tokoh istri di film tersebut, kita seringkali dihantui ‘ketakutan akan kegagalan’, karena kita masih menggunakan ‘cincin’ yang membuat si hantu ngga mau pergi.

Apa ‘cincin’ itu? ‘Cincin’ yang membuat si hantu ‘takut gagal’ tetap menghantui kita, adalah tiga sikap perusak : Takut, Tidak Yakin, dan Ragu.

“Takut akan gagal, ngga boleh jadi alasan untuk tidak mencoba sesuatu.”- Frederick Smith- (Pendiri dan Presiden FedEX)

Coba anda ingat-ingat lagi, saat anda pernah terpikir untuk melakukan sesuatu atau mengambil satu kesempatan, tapi ngga jadi, karena anda memiliki perasaan yang terlalu besar terhadap tiga sikap tersebut.

Apa anda merasakan rugi atau menyesal karena ngga melakukan atau mengambil kesempatan tersebut? Jika iya, maka ada baiknya anda melakukan hal yang dilakukan si istri di film tersebut :

Saat anda dihadapkan pada suatu keputusan atau kesempatan untuk melakukan sesuatu, lemparkan sekuat mungkin ‘cincin’ Takut-Tidak Yakin-Ragu itu ke arah hantu ‘takut gagal’, dan ambil keputusan serta kesempatan tersebut tersebut tanpa kekuatiran, karena si hantu ‘takut gagal’ itu tinggal debu, yang ngga akan menghalangi jalan anda menuju keberhasilan.

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian

Ps.Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk membantu anda ‘melempar’ cincin itu kearah hantu ‘takut gagal’. Nanti saya bahas di post lainnya. Sementara itu, saya mau jalan-jalan dulu ke taman bersama keluarga. Enjoy the weekend everyone, and have a great one!

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s