Berikan Tock Untuk Pikiran Negatif


Beberapa hari lalu, saya membuat post tentang “Mantra Untuk Menjadi Kreatif”, dan sekarang saya akan menulis metode untuk mempersiapkan diri menjadi kreatif.

Salah satu metode bagus yang pernah saya pelajari, adalah metode ‘Tick-Tock’ dari Michael Michalko.

Manusia memiliki kebutuhan akan konsistensi, dan pengaruh dari manapun, baik dari luar atau dari dalam dirinya sendiri, bakal ditolak oleh suatu pikiran yang lebih dominan. Gampangnya, kalo anda didominasi pikiran negatif, ya semuanya bakal negatif.

“Orang pesimis (negatif) melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang optimis (positif) melihat kesempatan di setiap kesulitan.”-Winston Churchill-

Ada orang berkata “Hmm, bau masakan ikan asinnya sedap ya?”, anda tiba-tiba tersinggung karena menganggap orang tersebut menyindir bau badan anda. Ada orang berkata “Indah dan rapih sekali ya taman itu,” tiba-tiba anda marah karena menganggap orang tersebut menyindir halaman rumah anda yang ngga terawat.

Demikian juga kebalikannya, jika pikiran anda didominasi pikiran positif, seburuk apapun pengaruh, baik dari luar atau dari dalam diri anda sendiri, semuanya bakal terasa dan terlihat positif, anda selalu bisa melihat sisi baik dari sesuatu yang jelek atau buruk.

Jadi, kalo didominasi negatif, ya negatif, kalo didominasi positif, ya positif. Gampang bukan? Bagus kalo gampang, jadi anda bisa skip latihan dibawah ini. Kalo menurut anda susah, jangan patah semangat, dengan latihan yang teratur menggunakan metode tiga langkah dibawah ini, anda bisa menjadi dominan positif 🙂

Langkah Pertama, buat tabel dua kolom. Kolom pertama diberi nama Tick, dan kolom kedua diberi nama Tock.

Tick Tock

Langkah kedua, daftarkan hal-hal yang menurut anda negatif pada Kolom Tick, misalnya hal-hal yang menghalangi anda untuk mencapai apa yang anda inginkan atau cita-citakan. Ini saya beri tiga contoh :

Tick Tock
Saya ngga bakal bisa mendapat kerja. Terlalu banyak orang yang mencari kerja, dan saya ngga yakin ada yang mau merekrut saya.
Bisnis ini terlalu berat. Penjualan menurun, pelanggan makin sepi. Sepertinya saya harus merubah haluan bisnis.
Saya ingin bisa mendapat nilai A, tapi rasanya saya ngga bakat di bidang itu. Apa saya salah ambil jurusan?

Langkah ini penting, karena untuk bisa merubah sesuatu menjadi positif, pertama anda harus mengakui bahwa memang ada perasaan negatif, bahwa ada pikiran negatif yang mempengaruhi anda untuk mencapai apa yang anda inginkan atau cita-citakan. Nah, setelah anda mau mengakui perasaan-perasaan atau pikiran-pikiran negatif tersebut, langkah selanjutnya adalah mengubah hal-hal negatif yang merusak, menjadi sesuatu yang membangun.

Langkah ketiga, baca masing-masing hal dibawah kolom Tick, kemudian fokus pada hal positif yang membangun, sebagai ‘counter attack’ terhadap hal negatif. Bayangkan didalam pikiran anda, ada dua kepribadian yang saling ‘berdebat’, satu negatif dan satu positif. Bayangkan apa yang dikatakan pribadi positif, dan tulis dibawah kolom Tock. Ini contohnya :

Tick Tock
Saya ngga bakal bisa mendapat kerja. Terlalu banyak orang yang mencari kerja, dan saya ngga yakin ada yang mau merekrut saya. Pekerjaan selalu ada, jika saya mau berusaha lebih keras untuk mengirim CV sebanyak-banyaknya. Kita ngga bakal tau perusahaan mana yang sedang butuh orang seperti saya, tapi pasti ada satu perusahaan di suatu tempat yang membutuhkan saya, dan saya ngga lebih rendah dari orang lain.
Bisnis ini terlalu berat. Penjualan menurun, pelanggan makin sepi. Sepertinya saya harus berubah haluan bisnis. Bisnis ini mungkin berat, tapi barangnya dibutuhkan banyak orang. Apa saya kurang aktif dalam mencari pelanggan? Dimana mereka? Kalo saya lebih aktif lagi, dan memberi sesuatu yang unik, rasanya saya ngga perlu pindah haluan bisnis.
Saya ingin bisa mendapat nilai A, tapi rasanya saya ngga bakat di bidang itu. Apa saya salah ambil jurusan? Untuk mendapat nilai A, score minimal 85. Saya pernah mendapat score 95, dan mata kuliah ini hanyalah kelanjutan dari mata kuliah yang dulu. Rasanya, kalo saya belajar dengan teman yang lebih tau, dan berlatih soal sebanyak-banyaknya, nilai 85 ngga jadi masalah.

Kenapa juga saya salah ambil jurusan? Ini adalah jurusan yang saya cita-citakan sejak SMA dulu, dan prospeknya cerah.

Nah, sekarang coba anda tulis hal-hal negatif anda sendiri. Inget ya, bahwa ini adalah latihan untuk membuat anda selalu berpikiran positif, selalu bisa melihat sisi kebaikan dari suatu keburukan. Sama halnya dengan usaha untuk menjadi seorang penyanyi atau pebasket, ngga cukup dengan membaca teori dan buku, demikian juga usaha untuk menjadi orang yang positif, ngga cukup dengan membaca teori yang saya tulis disini.

Lakukan latihan diatas selama 10 menit, setiap malam selama 1 minggu. Malam adalah waktu yang tepat, setelah seharian anda beraktivitas. Anda bisa mengingat kejadian-kejadian di hari itu, saat anda memiliki pikiran negatif tentang sesuatu atau saat akan melakukan sesuatu.

Setelah 1 minggu, coba liat perubahan yang terjadi pada pikiran anda, apakah udah otomatis memberi ‘Tock’ pada pikiran negatif yang muncul? Jika belum, lakukan lagi latihan tersebut selama 1 minggu lagi, selama 10 menit juga. Terus lakukan latihan ini, sampai pikiran anda bisa secara otomatis memberi ‘Tock’ pada pikiran negatif yang muncul.

Setelah menjadi kebiasaan, anda akan merasakan sesuatu yang luar biasa, karena pengaruh atau pikiran senegatif apapun, ngga bakal mempengaruhi anda mencapai apa yang anda inginkan atau anda cita-citakan.

Jadi, anda bisa mulai dengan corat-coret di kertas kosong, atau silakan download template Tick-Tock untuk Microsoft Word yang udah saya buat, dan latih diri anda untuk menjadi dominan positif.

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

2 tanggapan untuk “Berikan Tock Untuk Pikiran Negatif”

  1. @edihamien
    Amin, Mas Edih.
    Udah didownload dokumen nya? Semoga bisa membantu untuk selalu memiliki pikiran yang positif, sebesar apapun pengaruh/pikiran negatif yang ada.
    Salam Insan Super!!!

Tinggalkan Balasan

