Kuncinya Hanya Permainan Angka

Ini bukan membicarakan hasil akhir Belanda vs Brasil (2-1) di Piala Dunia, tapi saya mau cerita satu pelajaran penting yang saya dapet waktu ‘menimba ilmu’ di salah satu perusahaan MLM (Multi Level Marketing). Siapa tau pelajaran ini berguna untuk anda, atau bisa mengingatkan kalo anda udah tau dan ternyata melupakannya.

Perusahaan MLM memang dipenuhi dengan cerita-cerita dramatis. Mirip dengan peserta American Idol, atau Indonesian Idol. Asalnya orang biasa dengan pekerjaan pas-pas an atau malah ngga punya pekerjaan, kemudian bisa menjadi terkenal dan memiliki segalanya.
Nah, salah satu kegiatan tetap di MLM, untuk memompa semangat, adalah mendengar kisah orang yang telah sukses di MLM tersebut.
Setiap kali ada seseorang berbicara kisah suksesnya, pasti orang selalu bertanya : “Apa rahasianya?”, dan jawaban standar selalu muncul : “Kerja Keras”, “Persisten”, “Set target”, dan kata-kata semacamnya, yang kadang-kadang susah dicari bentuk nyata nya.

Sampai suatu hari, satu orang sukses menjawab pertanyaan “Apa rahasia sukses?” dengan jawaban yang sederhana : “Kuncinya hanya permainan angka.”

“Jika kemungkinan anda berhasil menjual barang hanya 10%, berapa kemungkinannya jika anda menawarkan kepada 10 orang?”
“Satu orang”.

“Jika anda menawarkan kepada 20 orang?”
“Dua orang.”

Resep yang sederhana. Begitu sederhananya, sehingga sulit diterima bahwa cara itu (seringkali) berhasil.

“Berhenti berpikir tentang keterbatasan, dan mulailah berpikir tentang berbagai kemungkinan” -Terry Josephson

Kalo anda sedang mencari kerja, siapa yang bisa jamin meskipun anda ahli, satu kali mengirim resume/CV bakal langsung tembus? You’ll never know. Tapi anda bisa memperbesar kemungkinan, kirim beberapa, siapa yang tau perusahaan mana yang sedang butuh dan tertarik dengan keahlian anda.

Kalo anda seorang penjual, siapa yang tau bahwa ternyata dari 10 orang yang anda tawarkan, ada 1 orang yang tertarik dan malah menjadi pelanggan setia? You’ll never know either.

Kalo anda karyawan, dan ragu-ragu untuk memberikan ide, takut apakah ide anda diterima atau ngga. Siapa tau dari 10 ide yang anda tawarkan, ada 1 ide yang bisa dikembangkan dan membuat perusahaan bisa lebih beruntung. You’ll never know either.

Di dunia yang makin bergerak dengan cepat ini, ketidakpastian menjadi sesuatu yang mutlak.
Banyak hal ada diluar kendali kita. Tapi memperbesar kemungkinan, itu ada di dalam kendali kita.
Kita belajar dari masa lalu, kita memiliki masa sekarang, dan kita sama sekali ngga tau apa yang bakal terjadi besok, atau lusa, atau minggu depan, atau tahun depan.

Jadi, lakukan bagian anda. Perbesar kemungkinan, dan lihat bagaimana hasilnya. Sekali lagi, kita ngga bakal pernah tau apa yang bakal terjadi besok, kan?

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s