Kekuatan Pikiran Bisa Mengatasi Keterbatasan Fisik…Sampai Anda Harus Masuk Rumah Sakit

Beberapa waktu lalu, saya baca status temen di Facebook, yang bilang : “Walaupun udah cape, tapi kekuatan pikiran bikin cape ilang, akhirnya bisa lembur. Semangat!!!”
Semua dari otak, dari pikiran. Kalo kita cape padahal masih mau bekerja, beberapa orang berkata : “Katakan ke diri anda : ‘Saya kuat, saya ngga lemah.”, nanti kekuatan pikiran anda akan mengalahkan keterbatasan/kelemahan fisik.

Bener untuk beberapa hal, tapi juga salah untuk beberapa hal. Komen saya ke temen itu, hanya : “Inget hak badan, jangan memaksa. Inget istirahat.”

Saya punya pengalaman pribadi yang berkesan tentang hal itu.
Saat jaman kuliah, saya bener-bener harus hemat, dari mulai ongkos naek angkot sampai makan. Suatu waktu, keadaan keuangan bener-bener mepet, sehingga saya memutuskan untuk beli sepeda (supaya ngga perlu naek angkot yang ongkosnya kian meroket), menempuh jarak sekitar 25km bolak-balik rumah-kampus.

“Ketika mentari bersinar, saya bisa melakukan apapun. Ngga ada gunung yang terlalu tinggi, ngga ada masalah yang terlalu sulit untuk diatasi.” -Wilma Rudolph-

Singkatnya, 3 bulan berjalan, kekuatan pikiran masih bisa mengatasi cape dan letiiiihnya mengayuh sepeda. Sampai akhirnya saya kena demam berdarah, harus dirawat di rumah sakit, dan sejak itu badan ngga kuat lagi dibawa bersepeda 25km.

Pelajarannya, semua harus seimbang dan ngga berlebihan. Memiliki kekuatan pikiran memang perlu untuk mencapai atau melakukan sesuatu, tapi ada yang harus anda pelajari dan perhatikan : isyarat dari tubuh bahwa anda harus beristirahat, dan tau kapan waktunya untuk beristirahat.

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

2 tanggapan untuk “Kekuatan Pikiran Bisa Mengatasi Keterbatasan Fisik…Sampai Anda Harus Masuk Rumah Sakit”

  1. Nice. Tapi sempet baca banyak cerita kekuatan pikiran memang ampuh mengatur ‘keadaan’ tubuh (mirip ‘sugesti’). Artinya kekuatan pikiran bisa menjadi pilot semua organ di tubuhnya. Apakah secara kedokteran/ilmiah ini sudah dibuktikan atau belum aku lupa, tapi memang banyak sekali benarnya. Hanya saja sepertinya, butuh keahlian khusus melakukannya, karena butuh ‘konsentrasi tingkat tinggi’.

    Mungkin, ini mungkin, waktu bersepeda 25 km itu, Borrys membagi konsentrasi dan fokus pada ‘beban’ kuliah, dengkul yang serasa hampir coplok pulang sekolah dan sebagainya, jadi sakit deh 🙂

  2. Betul Mas Aldie, kekuatan pikiran memang dahsyat. Tapi harus di ingat bahwa manusia juga rocker makhluk yang punya keterbatasan. Badan punya hak untuk istirahat, mata punya hak untuk istirahat. Nah, jangan sampai kekuatan pikiran (sugesti) ini berlebihan sehingga melupakan hak tubuh.

    Yang pasti sih, demam berdarah karena digigit nyamuk nakal, Mas 😀

Tinggalkan Balasan

