Hati-Hati Dengan Pengemis Yang Menawari Anda Uang

Salah satu yang membuat hal menjadi dewasa itu ngga menyenangkan, adalah anda disadarkan bahwa ngga semua orang itu baik. Ada, kalo bukan dikatakan banyak, orang-orang yang akan selalu mengambil keuntungan dari anda.
Saya pernah punya pengalaman dengan orang yang seperti ini.

Satu waktu, teman kantor saya bilang bahwa ada seseorang yang sedang mencari ide untuk membuka perusahaan yang bergerak dibidang Content Provider layanan selular. Teman saya menyarankan agar saya bertemu dengan orang tersebut, siapa tau bisa bekerjasama dan tumbuh besar.
Tawaran ini terlihat menarik dan pas sekali dengan situasi saat itu, karena sebelumnya saya udah punya banyak ide tentang membuka bisnis sendiri, dan jenis produk apa yang bisa dibuat. Semua ide tersebuat saya tuangkan dalam beberapa halaman presentasi.

Setelah saya bertemu dengan orang tersebut, dia meminta file presentasi yang udah saya buat. Tanpa perasaan curiga, saya beri file tersebut, malah saya tambah beberapa ide lagi di presentasi itu.
Orang itu berjanji, bahwa kalo sampai ide saya dipakai, saya akan direkrut sebagai konsultan, malah bisa mendapat sebagian saham perusahaan.

Selesai rapat, saya keluar dengan senyum gembira, merasa bahwa ide-ide saya bisa mendapat tempat di dunia ini, untuk di implementasikan di dunia nyata, malah saya akan mendapat keuntungan dari ide-ide tersebut.

Hati-hati dengan pengemis yang menawari anda uang. -Borrys Hasian-

Saya bermimpi, dan bermimpi…sampai suatu hari, mimpi indah itu harus disadarkan oleh kenyataan pahit bahwa orang tersebut memakai ide-ide saya, tanpa mengikutsertakan saya dalam perusahaan itu, apalagi sampai membagi keuntungan/saham perusahaan.
Semua ide yang saya tuangkan di presentasi dijiplak habis-habisan.

Pada hari itu, saya disadarkan bahwa ada orang yang akan selalu berusaha mengambil keuntungan dari saya. Dan kita ngga bakal pernah tau, sampai akhirnya diri kita sendiri tertipu atau dirugikan.

Pelajarannya, hati-hati dengan tawaran yang menggiurkan. Jika anda harus membagi ide atau usaha anda, jangan lupa untuk membuat perjanjian, hitam diatas putih. Ini bukan menjadikan diri anda orang yang negatif, tapi hal ini memastikan bahwa ide/usaha anda dihargai, dan anda ngga merasakan sakitnya jatuh akibat mimpi yang terlalu tinggi.

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

2 tanggapan untuk “Hati-Hati Dengan Pengemis Yang Menawari Anda Uang”

  1. Terimakasih atas informasinya kang, semoga berguna buat saya di waktu yang akan datang, dan semoga itu tidak terjadi dengan saya…

Tinggalkan Balasan

