Kejatuhan Yang Benar

Mimpi saya semalam cukup berkesan : bertemu Mario Teguh, dan dengan gaya + suara khasnya, beliau berkata kepada saya : “Kejatuhan yang benar akan memberi kebangkitan yang benar.”

Sampai sekarang saya masih mencoba mengkaitkan nasihat beliau dengan apa yang saya alami. Tapi, kalo mau mengambil pelajaran dari nasihat tersebut, rasanya saya bisa membuat asosiasi bebas.

Bagaimana cara jatuh yang benar itu?
Kalo anda pernah liat orang belajar bela diri, Judo misalnya. Ada latihan untuk jatuh, ada teknik untuk jatuh. Jadi ternyata memang benar ada yang disebut : Kejatuhan yang benar.

Gimana kejatuhan yang benar itu? Kita tau cara untuk jatuh yang tidak mengakibatkan badan kita terluka atau cedera. Dalam hubungannya dengan motivasi diri, kita siap untuk jatuh (bisa berarti gagal), dan jatuh tersebut jangan sampai merusak fisik bahkan semangat + pikiran kita. Tidak tertutup kemungkinan kita akan jatuh, tapi yang lebih penting : kita mengetahui teknik untuk jatuh yang benar.

“Kejatuhan yang benar akan memberi kebangkitan yang benar.”

Bagaimana teknik jatuh yang benar itu?
Bisa jadi banyak, dan salah satu teknik yang saya tau adalah menyadari bahwa jatuh/gagal itu bukanlah akhir dari segalanya.
Kedengarannya sederhana, tapi banyak orang yang gagal dan ngga berhasil bangkit karena menganggap semua udah berakhir, dan menjadi makhluk yang bernafas tapi tanpa semangat, kosong. Mirip Zombie 🙂

Saya ambil contoh masalah mencari kerja.
Saya pernah chat dengan seseorang yang baru lulus kuliah. Saat baru lulus, semangat dan percaya dirinya tinggi, melamar kerja kesana-sini dengan keyakinan bakal diterima.
Setelah tiga bulan, belum juga ada tawaran kerja.
Semangatnya hilang, kepercayaan dirinya luntur, merasa sia-sia udah kuliah bertaun-taun, dan yang terakhir : dia merasa ngga berguna.

Jika anda di posisi orang yang memberi nasihat, apa yang akan anda katakan kepada si anak muda pencari kerja yang kehilangan semangat hidup tersebut? Bisa jadi kalimat pertama yang anda ucapkan adalah “Dunia belum berakhir…”

Anda jatuh atau bangun, dunia tetap berputar, waktu terus berjalan, dan anda benar jika berkata bahwa dunia belum berakhir.
Jadi bersiaplah gagal, dan bangkitlah + belajarlah dari kegagalan tersebut.

Kejatuhan yang benar akan memberi kebangkitan yang benar.

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

2 tanggapan untuk “Kejatuhan Yang Benar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s