1 Banding 1000

Saya inget satu dosen yang bercerita bahwa dia sedang membangun sekolah dengan konsep yang berbeda dengan sekolah yang udah ada. Salah satu hal yang menarik, adalah model ujiannya : boleh buka buku dan berbentuk essay, ngga ada pilihan ganda atau pilihan Benar/Salah.
Alasannya? Untuk membuka pikiran murid agar lebih kreatif dan lebih baik dalam menghadapi tantangan hidup.
Essay dan tantangan hidup? Waktu itu saya ngga seberapa ngeh, dan lebih fokus kepada diskusi salah satu subjek kuliah.

Beberapa taun kemudian, setelah berkarir dan bertemu dengan lebih banyak orang lagi, rasanya saya bisa mengerti apa hubungannya ‘essay’ dengan ‘tantangan hidup’.
Dengan diberi soal dan pilihan ganda selama belasan taun, kebanyakan orang jadi terbentuk dengan pola pikir : untuk satu masalah hanya ada satu jawaban. Hanya ada satu solusi.
Hanya ada satu jawaban mutlak, yang lain pasti salah, dan ga bakal memberi jawaban yang diinginkan.

Untuk satu masalah, ada seribu jalan, seribu solusi.

Waktu jaman kuliah, saya senang membaca bukunya Hermawan Kertajaya yang berjudul Marketing In Venus. Salah satu hal penting yang saya dapat adalah untuk bisa berhasil, penting memiliki ‘pembeda’ dengan orang lain. Saat itu saya sedang membuat rencana karir, dan saya berpikir apa yang bisa menjadi pembeda dengan orang lain.
Setelah berdiskusi dengan banyak orang, browsing di internet, mendatangi tempat-tempat kursus, akhirnya saya memutuskan untuk mempelajari ‘Java Programming’.

Keliatannya suatu pilihan yang bagus, tapi ada satu masalah besar : saya ngga punya komputer, dan ngga punya uang untuk beli komputer.
Jadi gimana cara saya belajar?
Pertama, saya beli buku tentang ‘Java Programming’, dan untuk latihan menulis kodenya, saya menulis di kertas menggunakan pensil, seolah-olah saya sedang mengetik di depan komputer. Walaupun ngga bisa dilihat hasil kodenya, tapi paling ngga saya hafal.
Kedua, teman-teman saya banyak yang memiliki komputer, tapi mereka pun cukup ‘sibuk’ menggunakan komputer mereka : untuk bermain game dan hiburan lainnya. Jadi, karena saya tetep butuh komputer untuk melihat hasil kode yang saya buat, akhirnya saya dengan suka hati datang ke kost-an temen setiap jam 6 pagi, karena saat itu mereka kebanyakan masih tidur dan komputernya nganggur.
Alhamdulillah pilihan pembeda saya itu tepat, karena hal itu yang membuat saya bisa berkarir sampai ke luar negeri.

Berita baiknya, di dunia nyata, ngga ada satu jawaban mutlak untuk setiap masalah.
Berita buruknya, jika anda menganggap ini berita buruk, maka anda harus terus berpikir dan berusaha keras dalam mencari jawaban lainnya. Untuk satu masalah, ada seribu jalan, seribu solusi.

Jadi, setiap kali anda menghadapi satu masalah, dan anda berpikir hanya ada satu solusi untuk masalah tersebut, coba tutup mata anda, dan bayangkan bahwa ada 999 solusi lain yang menanti anda untuk ditemukan.

Bagaimana menurut anda?

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

Tinggalkan Balasan

