I Love Your Country!

Jum’at malam yang cerah. Saya baru saja mendarat di Bandara Changi – Singapore dengan badan yang lelah setelah dua hari penuh berada di KL untuk urusan bisnis. Saat berjalan menuju taxi, saya disambut senyum ramah bapak setengah baya yang menjadi supirnya. Begitu saya duduk di bangku belakang, si supir menyapa “Good evening, it’s a long day, wasn’t it?” Saya tersenyum, mengangguk pelan sambil menjawab “Yes, it was.”
Kemudian dia melanjutkan pembicaraan sampai suatu saat dia bertanya “Are you Filipino?” Ini bukan pertama kalinya saya dikira orang Filipina, malah saya selalu dikira orang Filipina. Saya menjawab “No, I’m from Indonesia. Bandung – Indonesia.”
Raut wajah si bapak supir itu langsung berubah, matanya berbinar-binar, dan dia tersenyum lebar sambil berkata setengah teriak “I Love Your Country!”

Kata-kata bapak itu membuat saya kaget, dan tiba-tiba rasa kantuk saya hilang. Penasaran dengan ucapan tersebut, saya bertanya kenapa dia mencintai Indonesia. “You have a lot of beautiful cities! Good food. Not-boring country. The people are nice. I Love Your Country!” Bapak itu bercerita betapa dia menikmati waktunya di beberapa kota di Indonesia, dan dia tidak sabar untuk kembali ke Indonesia dalam 1-2 bulan ke depan, kali ini untuk menjumpai suku Dayak. Pikiran saya kembali ke beberapa saat lalu, saat saya membuka detik.com, dan mendapati betapa banyaknya berita negatif di Indonesia yang membuat saya bertanya-tanya “Apa yang terjadi, dan bagaimana masa depan Indonesia?”

Tidak ada sesuatu yang hebat pernah tercapai tanpa antusiasme.

Saya ingat salah satu quote dari Ralph Waldo Emerson: “Tidak ada sesuatu yang hebat pernah tercapai tanpa antusiasme.” Bisa jadi jawaban untuk masa depan Indonesia yang hebat ada diatas: mencintai Indonesia dengan antusias. Bagaimana mencintai Indonesia dengan antusias? Bakal ada 1001 jawaban tentang hal tersebut. Tentu saja antusias nya harus ke arah positif. Antusias melakukan korupsi tentunya sesuatu yang konyol untuk dilakukan πŸ™‚
Antusiasme itu menular. Jika Indonesia memiliki 1000 orang bapak supir itu, bisa jadi kita bisa mencapai Indonesia yang hebat dengan segera. Jika tidak, mungkin bisa dimulai dari diri anda sendiri?

Salam Insan Super!!!
Borrys Hasian

Note: Apa ide anda tentang mencintai Indonesia dengan antusias? Mungkin Anda bisa share bagaimana tindakan nyata untuk mencintai Indonesia dengan antusias?

Indonesia Pusaka

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

6 tanggapan untuk “I Love Your Country!”

  1. Cerita sederhana yang dalam artinya….masa depan bangsa ada di tangan penerus…..tuk perlahan memperbaiki BENANG KUSUT……..kondisi , keadaan…..martabat, naluri, ahlak, dan ke murnian …..hati yang jujur…..

    INSAN SUPER…..apakah anda calon pemimpin……MERDEKA……❀❀❀❀

    1. Sadar baru tahap awal. Tahap selanjutnya lebih sulit: mempertahankan dan melestarikannya. Jawabannya memang klasik dan sering diulang-ulang: mulai dari diri sendiri dan dari orang terdekat πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s