Sikap Yang Sok Tau Segalanya Itu Seperti Ban Kempes

Ban Kempes
Manusia punya kecenderungan untuk merasa lebih dari orang lain. Salah satunya adalah masalah ketidak tahuan. Jika ada orang lain bertanya sesuatu, ada perasaan dan ucapan yang bernada “Masa gitu aja ngga tau? Ya pasti ini lah..” Well, suatu kenyataan yang mungkin pahit buat orang semacam itu: Ngga ada orang yang tau segalanya. Apa orang tersebut tau segalanya?

Sikap sok tau segalanya ini ibarat ban kempes. Jika anda tidak menggantinya, sangat sulit untuk bisa melangkah jauh dari tempat anda sekarang.

Yang jadi masalah dengan sikap semacam ini, adalah efek buruknya terhadap rasa rendah hati dalam hal pengetahuan, padahal rasa rendah hati ini perlu dalam penambahan dan pencarian ilmu. Jika kita sadar bahwa kita tidak tau segalanya, bisa jadi kita mencoba mencari tau dan bertanya, karena bertanya adalah salah satu kunci pengetahuan. Demikian juga saat berhadapan dengan orang lain yang tidak tau, kita bisa menjawab dan menjelaskan dengan sikap yang baik, karena salah satu cara untuk menjadi pintar adalah dengan mengajarkan dan membaginya dengan orang lain. Sikap sok tau segalanya ini ibarat ban kempes. Jika anda tidak menggantinya, sulit untuk bisa berjalan jauh dari tempat anda sekarang.

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

6 tanggapan untuk “Sikap Yang Sok Tau Segalanya Itu Seperti Ban Kempes”

  1. Super Bro…saya teringat kutipan Imam Al Mawardi dalam kitab beliau yang sangat menyenetuh hati, “Adaabud Dunya wad Diin”. Beliau menyatakan bahwa jika dikaitkan dengan pengetahuannya, maka manusia terbagi dalam empat tipe/ golongan. Dan tipe manusia yang pararah adalah rojulun laa yadri walaa yadri annahu laa yadri (seseorang yang tidak berpengetahuan tapi dia tidak tahu kalau dirinya tidak berpengetahuan). Semoga kita selamat dari menjadi golongan manusia seperti ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s