Bersembunyi Di Belakang Alasan Yang Besar

Sembunyi Alasan Besar
“Orang Indonesia itu pinter-pinter, hanya masalah Bahasa Inggris aja yang kalah dengan orang India atau Filipina,” itu komentar salah seorang kawan saya saat kami membahas tentang banyaknya pekerja profesional dari India dan Filipina yang merambah ke berbagai penjuru dunia, khususnya Singapore. Apa betul itu masalah Bahasa Inggris aja?
Saat saya kerja di British Telecoms, salah satu anggota tim saya berasal dari India, asli India. Sampai 4 bulan pertama, susah sekali untuk mengerti Bahasa Inggris yang dia ucapkan. Tapi memasuki bulan ke-5, Bahasa Inggrisnya membaik, dan terus membaik. Masalah Bahasa Inggris?

Untuk bisa memperbaiki diri, pertama kita harus mengakui bahwa kita memiliki kekurangan. Jangan menyembunyikannya di belakang alasan yang membuat seolah-olah kekurangan itu diluar kuasa kita. Dibutuhkan alasan yang makin besar untuk menyembunyikan kekurangan yang besar, dan seringkali untuk mendapat alasan yang besar, alasan itu harus dibuat-buat. Jangan. Lebih penting untuk kita mengakui kekurangan dan melakukan perbaikan kecil yang kontinu. Orang jarang mengingat kekurangan jaman dulu, orang akan lebih mengingat keberhasilan yang kita capai.

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s