Jangan Jadi Pembasmi Potensi Orang Lain

Saya tidak ingat dengan pasti saat itu sedang ujian apa, tapi yang saya ingat, saat sedang asiknya mencorat-coret kertas buram dengan berbagai gambar dan sketsa, seorang guru menghampiri saya dengan muka kesal, seolah-olah saya berbuat salah, kemudian mengambil kertas buram tersebut tanpa ba-bi-bu. “Kenapa?” tanya saya dengan spontan. Jawabannya hanya gelengan kepala, dan kertas buram hasil coretan saya itu lenyap untuk selamanya.

Setelah bertahun-tahun membaca, belajar, dan mengamati berbagai orang tentang kreativitas, saya menyadari bahwa membuat sketsa dan bertanya ‘Kenapa?’ adalah salah satu kunci penting dalam menemukan dan menuangkan ide brilian. Leonardo Da Vinci sampai J. K. Rowling, semua menggunakan sketsa dan coretan pada kertas bahkan pada serbet makan, untuk mencari dan menuangkan ide. Mereka juga selalu bertanya “Kenapa?”, karena mempertanyakan asumsi adalah salah satu jalan pembuka pengetahuan dan ide baru.

Sebagai pendidik, baik sebagai guru formal, senior, manager, orangtua, kakak, atau apapun, kita harus belajar untuk tidak mencoba mematikan potensi orang lain dengan larangan tanpa alasan yang jelas, hanya karena kita bisa berbuat demikian. Kita harus belajar untuk melihat jauh ke depan, bahwa dibalik coretan dan pertanyaan “Kenapa?” itu akan muncul ide-ide yang mungkin bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, atau akan muncul ide-ide yang bisa menyelamatkan hidup orang banyak. Kita tidak akan pernah tahu. Jangan jadi pembasmi potensi orang lain.

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

Tinggalkan Balasan

