Anda Tidak Akan Pernah Menjadi Bos Dengan Mental Seperti Ini

Kenapa banyak orang beranggapan kalau jadi bos itu enak? Ada yang bilang karena tinggal suruh anak buah mengerjakan sesuatu, dan bisa lebih santai dengan gaji yang lebih tinggi. Bagian gaji lebih tinggi nya betul, tapi tinggal suruh dan lebih santai? Rasanya tidak, paling tidak berdasarkan pengamatan saya sendiri.

Walaupun belum jadi bos, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri rapat strategik perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Perusahaan dengan pendapatan sekitar 20 Trilyun Rupiah, dan total karyawan diatas 10.000 di seluruh dunia. Rapat strategik tersebut dihadiri sekitar 50 orang kunci, untuk brainstorm dan memformulasikan strategi perusahaan tiga tahun ke depan. Jelas kebanyakan dari mereka adalah bos beneran. Apa yang saya pelajari dari mereka? Para bos adalah orang yang ‘hidup mati’ nya untuk perusahaan dan bekerja lebih keras dari orang-orang lain di perusahaan. Betul bahwa gaji mereka lebih tinngi, tapi untuk ‘tinggal suruh anak buah’? Otak mereka diperas berpuluh kali lipat untuk bisa muncul dengan daftar ‘suruhan’. Lebih santai? Itu mungkin hanya ada di sinetron.

Jangan tertipu dengan apa yang terlihat di permukaan. Para bos terlihat santai, karena itu salah satu kualitas penting yang harus dimiliki pemimpin. Kalau para bos selalu terlihat penuh ketegangan, bisa bayangkan efeknya terhadap anak buah dan kinerja perusahaan secara umum? Ada lagi yang penting, mental ‘wah kalau jadi bos sih enak’ itu berbahaya untuk karir kita. Bisa jadi itu pertanda bahwa kita malas, tidak bersyukur, atau mau cari gampangnya. Dengan mental seperti ini, jalan menjadi bos, kalau itu yang anda mau, hanya di mimpi saja.

Iklan

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s