Jika Anda Mencoba Lebih Keras, Hal Itu Akan Menjadi Lebih Mudah

Suatu ketika saya berada di kelas kursus bahas Inggris, dengan pengajar native speaker, namanya Bill, yang tidak terlalu bisa bahasa Indonesia. Masing-masing dari kami diminta untuk bercerita tentang apa saja selama 2-3 menit. Giliran saya pun tiba, dan saya terdiam selama beberapa saat, mencoba merangkai kata yang benar dalam bahasa Inggris. Melihat saya ragu, Bill kemudian berkata “If you try harder, it will become easier.” Jika anda mencoba lebih keras, hal itu akan menjadi lebih mudah.

Itu kira-kira 15 tahun yang lalu, tapi kata-kata itu masih saya ingat sampai sekarang, karena dia beberapa kali membantu saya melewati masa-masa sulit. Saat menghadapi keadaan yang mengancam, naluri kita berkata untuk menyelamatkan diri, hal ini sudah terbentuk sejak ribuan tahun lalu di otak manusia. Saat nenek moyang kita melihat binatang buas, pertanyaan pertama yang ada di otak adalah “Apakah dia akan membunuh saya?”

Dalam dunia modern, binatang buas-atau kita sebut ancaman, muncul dalam berbagai bentuk. Dalam dunia kerja, ada pekerjaan yang sulit dan kita rasa akan mengancam karir, ada juga bos yang sulit, dan membuat kita meragukan kemampuan kita dalam menyelesaikan pekerjaan, dan berbagai macam bentuk ancaman lainnya. Sama halnya dengan kehidupan sehari-hari, selalu ada hal yang membuat kita merasa terancam dan ingin lari.

Saya beberapa kali menghadapi keadaan semacam itu, dan nasihat “If you try harder, it will become easier,” membantu saya mengatasi ancaman dan keraguan tersebut. Saat anda merasa ingin berhenti atau lari, coba paksa dan dorong diri anda untuk melewatinya selama satu minggu, satu bulan, atau bahkan satu tahun. Dorongan naluri yang impulsif akan membujuk anda untuk berhenti dan lari dari ancaman, tapi hal itu seringkali tidak akan membantu anda untuk berkembang. Untuk berkembang dan maju ke depan, anda harus menjadi lebih dari apa yang anda miliki sekarang, mencoba lebih keras, dan segalanya akan menjadi lebih mudah. “If you try harder, it will become eaiser.”

Diterbitkan oleh

Borrys Hasian

UX Designer. Simplicity. Improving people's lives, one interface at a time.

Tinggalkan Balasan

